Majelis Adat Aceh (MAA) Aceh Utara Gelar Lomba Adat Seumapa   amien         17 Maret 2016         09:42:26         53x

Majelis Adat Aceh (MAA) Aceh Utara gelar lomba Adat Seumapa, Selasa (12/5). Lomba yang diadakan di depan Kantor Camat Dewantara akan di buka oleh Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib.

Lomba Adat Seumapa yang diikuti oleh 27 perwakilan Majelis Adat Aceh Kecamatan bertujuan untuk melestarikan budaya Aceh yang hampir hilang di Aceh. Seumapa kerab digunakan pada acara hantaran linto (pengantin baru pria) atau dara baro (pengantin baru wanita). Adat tersebut sangat penting untuk dilestarikan mengingat generasi muda sekarang sudah jauh dari adat dan syariat.

"Seumapa sebagai salah satu adat Aceh harus dilestarikan apalagi di dalamnya terkandung nilai edukasi. Selain itu, budaya berbalas pantun ini juga memberikan nasehat kepada linto dan dara baro", ucap Kepala Sekretariat MAA Aceh Utara Muhammad Amin, S.Sos.

"Kita harpakan agar peserta lomba Adat seumapa dapat lebih meningkatkan kreatifitas berbahasa dalam berseumapa. Hendaknya warga tidak hanya menghafal pantun seumapa karena membutuhkan daya nalar dan kreatifitas tinggi. Kita dituntut cepat dan kreatif, karena setiap daerah tentu punya kekhasan masing-masing dan bahasa seumapa juga harus disesuaikan dengan tempat dan kondisi suatu daerah,” ujarnya.



SAMBUTAN KEPALA

amin_1

Sekretaris Majelis Adat Aceh Kabupaten Aceh Utara

KEEP IN TOUCH
haba meualueb

yang utoh tayue ceumeulek

ALAMAT

Jl. Samudera - Lhokseumawe 

telp. (0645) 631894 fax.  (0645) 631894

Copyright @ 2016 MAA Developed By Majelis Adat Aceh. All right reserved
User Online: 25 Statistik: 48 / 10191